Cara Mudah Percepat Kinerja Windows

Posted by Mhd Taufik Syahfutra Nst On 8 Juni 2010 0 komentar

Berikut Cara mudah dalam mempercepat kinerja Windows :


1. Mematikan Semua Service dan Device caranya : Klik Start Run Kemudian ketikan " MSCONFIG " tanpa tanda kutip, lalu kita akan memasuki Area System Configuration Utility Seperti Gambar dibawah ini :



Kemudian klik pada pilihan "Diagnostic Startup-Load basic devices and service only" klik OK kemudian Restart komputer dan rasakan bedanya dari sebelumnya, sayangnya dengan cara seperti ini kita sama saja mematikan semua fungsi service maupun device yang hidup pada system windows kita makanya windows menjadi begitu kencang karena tidak adanya service2 dan device yang dibaca pada waktu beroperasi, jika kamu tidak nyaman dengan cara ini kamu bisa pilih cara lainnya.

2. Hanya Mematikan Beberapa Services yang dianggap Kurang Berguna, yaitu dengan cara tidak jauh berbeda dengan sebelumnya'Klik Start Run Kemudian ketikan " MSCONFIG " kemudian pada System Configuration Utility pilih Service kemudian hilangkan centang tanda ceklis /Klik pada service-service yang akan kita buang. jika kamu takut salah dalam mematikan service tersebut. berikut saya terangkan Service-service yang tidak berguna tersebut dan fungsinya:

- Warning service alerter
Service ini berfungsi untuk menyampaikan peringatan dari administrator. Jika Anda sendiri merupakan administrator atau Anda merasa tidak perlu menerima peringatan dari administrator, sebaiknya matikan saja service ini.

- Computer browser
Service ini berfungsi untuk menjaga dan mengelola daftar komputer yang terdapat dalam suatu network atau jaringan, jika komputer Anda tidak terhubung dalam suatu jaringan atau berdiri sendiri matikan service ini.

- Indexing service
Jika Anda pernah melakukan proses pencarian file lewat fitur search atau find pasti Anda akan ditawari untuk membuat pencarian berikutnya berjalan lebih cepat jika Anda klik pilihan "yes, but make future searcher faster", maka windows akan membuat indeks dari dokumen-dokumen yang ada sehingga proses pencarian Anda berikutnya akan berjalan lebih cepat. Indnxing service inilah yang bertugas membuat index dari dokumen-dokumen Anda. Jika Anda jarang melakukan pencarian sebaiknya matikan saja service ini.

- Storage space folder
Service ini memungkinkan Anda untuk melakukan pertukaran data antar PC dalam sebuah jaringan, jadi jika komputer Anda berdiri sendiri atau tidak terhubung ke dalam suatu jaringan, service ini tidak ada gunanya.

- Error reporting service
Layanan ini hanya berfungsi dalam sebuah jaringan tugasnya untuk menyampaikan laporan kesalahan dak error dari event protocol jaringan.

- Server
Jika Anda berada dalam suatu jaringan, layanan server ini sangat dibutuhkan agar Anda dapat berbagi file dari printer. Tapi jika Anda tidak terkoneksi oleh suatu jaringan sebaiknya matikan saja service ini.

- TCP/IP netbios helper
Service ini hanya berguna dalam sebuah jaringan, matikan saja jika komputer Anda tidak terhubung dalam suatu jaringan.

- System event notification
Service ini berfungsi untuk mengirimkan berita berupa sebuah jendela pop up dalam sebuah jaringan. Biasanya jaringan ini banyak digunakan oleh perusahaan-perursahaan periklanan untuk mengirimkan iklanya lewat internet. Jadi jika Anda tidak membutuhkan service ini sebaiknya matikan saja.

- Neet meeting remote desktop sharing.
Service ini memungkinkan Anda mengendalikan komputer lain dalam suatu jaringan, baik jaringan local ataupun internet. Matikan saja service ini jika komputer Anda berdiri sendiri (tidak terkoneksi oleh suatu jaringan)

- IPSEC service
Service ini dibutuhkan oleh Anda yang ingin membuat sebuah koneksi terenkripsi dengan sebuah server. Jika tidak berada dalam suatu jaringan baik local atau interne, sevice ini tidak ada gunanya.

- Remote registry
Layanan ini memungkinkan Anda untuk mengakses registry komputer lain dalam suatu jaringan. Jika Anda seorang administrator dalam sebuah jaringan, maka service ini Anda butuhkan untuk mengelola komputer client Anda, khususnya yang menyangkut masalah registry, tetapi jika komputer Anda tidak terhubung jaringan, sebaiknya matikan saja.

- TELNET
Saat ini layanan TELNET sudah jarang digunakan, layanan ini berfungsi untuk mengakses PC lain melalui protocol TELNET. Matikan saja layanan ini jika tidak berada jalam suatuu jaringan baik lokal atau internet.

- Upload manager
Service ini berfungsi untuk memanage file yang akan di upload, hanya berfungsi dalam sebuah jaringan. Matikan saja jika tidak diperlukan/ jika anda tidak terkoneksi dengan internet.

- Windows time
Service ini bereungsi untuk mensinkronisasikan sistem waktu atau jam yang terdapat dalam jaringan. Hanya berguna bagi komputer yang terkoneksi oleh suatu system jaringan.

- Portable media serial number service
Berfungsi untuk memeriksa nomer seri media yang terkoneksi dengan komputer Anda, misalnya Anda memiliki mp3 player/video player yang Anda koneksikan ke PC maka service ini akan memeriksa nomer seri mp3 player/video player tersebut. Layanan ini tidak banyak berguna, sebaiknya matikan saja.

- Wireless zero configuration
Service ini berfungsi untuk mengatur secara otomatis konfigurasi W-LAN adaptor. Jika Anda tidak menggunakan W-lan, service ini tidak anda butuhkan.

setelah selesai memilih service2 tersebut kemudian klik OK lalu restart PC dan rasakan perbedaanya. untuk mengembalikan Sytem windows anda seperti sebelumnya, kita cukup melakukan hal yang sebaliknya dengan mencentang kembali/ klik pada tiap-tiap service -service yang sebelumnya kita buang .

Semoga Bermanfaat.......

0 komentar:

Posting Komentar